Anda memasuki kawasan PNPM MPd Kabupaten Mojokerto

Hari kemarin telah berlalu. Hari esok belum tiba. Yang ada pada kita hanyalah hari ini. Mari kita memulainya.

Rabu, 26 Juni 2013

KEBERADAAN PONKESDES PURWOREJO SANGAT DIIDAMKAN OLEH WARGA DESANYA



Kita ketahui sampai sekarang kesehatan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia di dunia ini. Karena dengan kesehatan yang ada manusia bisa merasakan kebahagian dunia dengan melakukan berbagai aktifitas dalam berkehidupan bermasyarakat sehari- hari sekaligus juga bisa mempermudah manusia dalam meningkatkan ibadah sebagai makhluk Tuhan yang percaya akan kembali kepada Nya. Namun dengan berkembangnya jaman berobat  kesehatan menjadi hal yang sangat sulit dan mahal dijangkau bagi masyarakat kecil ( menengah ke bawah ), sehingga muncul istilah lebih baik menjaga kesehatan daripada berobat.
          Di Indonesia pelayanan kesehatan masyarakat di tingkat kecamatan bernama Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat ), yang dibantu oleh pelayanan kesehatan dibawahnya yaitu pustu ( Puskesmas Pembantu ), Polindes ( Poliklinik Desa ), Ponkesdes ( Pondok Kesehatan Desa ) dan Posyandu ( Pos Pelayanan Terpadu ). Dimana kesemua pelayanan kesehatan ini sangat membantu keberadaannya bagi masyarakat Indonesia khususnya masyarakat kecil ( menengah Ke bawah ).

          Pemerintah mempunyai program dalam upaya peningkatan kesejahteraan, kesehatan dan pendidikan yang layak bagi masyarakat khususnya Rumah Tangga Miskin maka dibentuklah program yang bernama Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM Mandiri Perdesaan), yang mana program ini juga merupakan lanjutan dari program sebelumnya missal Inpres Desa Tertinggal (IDT), Program Pengembangan Kecamatan ( PPK ). Dengan program ini, pemerintah berharap bisa memperlancar dan mempercepat peningkatan di segala lini kehidupan masyarakat miskin, meskipun disamping itu sudah ada dinas- dinas pemerintah lainnya yang bergerak dibidang tersebut ( saling mendukung satu sama lainnya ).
          Kebetulan ditahun 2012 di Kecamatan Pungging  yang mendapatkan program PNPM MPd dengan alokasi dana BLM dan DDUB yang total senilai 800 juta, ada salah satu desanya yang mengusulkan pembangunan gedung Ponkesdes, tepatnya desa Purworejo. Didalam mendapatkan pembangunan gedung Ponkesdes tersebut tidak serta merta dengan mudahnya. Desa harus melakukan berbagai proses tahapan yang sangat panjang sesuai aturan dalam PNPM MPd, dimana dalam setiap tahapan tersebut dibutuhkan partisipatif tinggi dari masyarakat desanya.
          Dan Alhamdulillah berkat partisipasi, usaha dan do’a masyarakat desa Purworejo maka di MAD Perangkingan mendapatkan nilai terbaik ( peringkat pertama ), yang otomatis pasti terdanai. Gedung Ponkesdes tersebut berukuran 9 x 8 m dengan mendapatkan dana dari PNPM MPd senilai Rp 137.243.600 dan swadaya dari masyarakat senilai Rp 3.000.000, yang didalam gedung tersebut terbagi beberapa ruang yaitu: ada ruang periksa, ruang bersalin, ruang obat, ruang administrasi, ruang tunggu serta 2 buah toilet. Isi ruang tersebut juga hasil koordinasj antara faslitator kecamatan PNPM MPd dengan bidan yang akan menempati gedung tersebut. Perlu diketahui sebelumnya kalau bidan ini sementara hanya menggunakan ruang kecil milik kantor desa ( sekatan ), sehingga dalam memberikan pelayanannya kurang maksimal dan terpikirlah untuk mengajukan usulan gedung Ponkesdes tersebut ke PNPM MPd.Bulan Agustus akhir dimulailah Pembangunan Gedung Ponkesdes tersebut oleh Tim Pengelola Kegiatan Desa (TPK desa) dan pengerjaannya berlangsung kurang lebih 4 bulan.Di dalam waktu pelaksanaan pembangunan TPK benar- benar berusaha semaksimal mungkin agar bangunan tersebut pengerjaannya sesuai yang diharapkan program dan masyarakat pengguna nantinya. Hal ini sesuai dengan pernyataan ketua TPK Desa Purworejo AH Munawir sebelumnya yaitu “ Saya selaku Ketua TPK Desa akan berusaha sebaik mungkin, sebagus mungkin dalam pelaksanaan pembangunan Ponkesdes nanti, karena hal ini saya anggap merupakan amanah masyarakat Purworejo kepada saya”.  
          Bulan Januari 2013 ditanggal 15 di serahterimakannya dari TPK ke Tim Pemelihara, Pengelola Prasarana (TP3) dan sekaligus diresmikanlah pembangunan gedung tersebut oleh kepala Puskesmas Kecamatan Pungging. Dalam sambutannya kepala Puskesmas  berpesan agar gedung Ponkesdes yang sudah jadi dan baik ini dijaga supaya bisa dipakai lebih lama dan maksimal sesuai dengan keinginan masyarakat Purworejo.Sambutan dan pesan Kepala Puskesmas tersebut mendapat sambutan dan aplausan luar biasa dari masyarakat yang hadir di tempat tersebut. Kemudian disela- sela acara pemotongan tumpeng tidak terduga ada pasien pertama yang mau melahirkan sehingga membuat acara tersebut menjadi special dan membuktikan kalau gedung tersebut sangat dibutuhkan oleh masyarakat Purworejo terutama masyarakat miskinnya.(Sumber dari Arif Z FT Pungging)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.